Monday, November 14, 2011

Humanites : "Depression"

Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu Gangguan Depresi. Beberapa gejala Gangguan Depresi adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri.

And then,berikut adalah beberapa hal yang  bisa menurunkan tingkat depresi kita....cekidot....

  • Mendengarkan Musik

Musik menurut Aristoteles adalah suatu bentuk bunyi yang  mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.Ternyata pendapat itu benar adanya readers,musik bisa menurunkan tingkat depresi seseorang dan bahkan juga bisa menghindarkan kita dari resiko kanker.Seorang profesor musik serta Direktur Pusat Penelitian Seni dan Meningkatkan Kualitas Hidup Cheryl Dileo menyatakan :
Terapi musik merupakan cara yang mudah yang bermanfaat positif bagi tubuh,psikis,serta meningkatkan daya ingat dan hubungan sosial.Bila terapi ini dilakukan secara khusus,dan hasilnya akan lebih baik.
Musik merupakan cara yang mudah untuk mengalihkan perhatian.Ketika menghadapi masalah atau tekanan berat,musik membantu mengalihkan perhatian.Mendengarkan musik secara rutim membuat suasana akan menjadi tenang.
Dan menurut Direktur Cancer Treatment Centers of America Katherine Puckett :
Musik dapat mengktifkan syaraf menjadi rileks sehingga membantu pernapasan pasien menjadi lebih baik.Selain itu,musik mengurangi resiko serangan jantung,membuat tekanan darah lebih normal dan membuat otot lebih rileks.Pada pasien kanker,musik membantu mereka tidur lebih nyenyak karena biasanya pasien kanker memiliki gangguan tidur.

  • Mengosumsi Yoghurt

Minuman susu fermentasi atau biasa dikenal dengan yoghurt ternyata mempunyai kemampuan dalam mengobati depresi. Pernyataan tersebut didasarkan pada laporan ilmiah yang diterbitkan dalam Proceeding of the National Academy of Sciences.
Menurut peneliti asal Irlandia : 
probiotik, atau bakteri baik, memiliki potensi untuk mengubah kimia otak dan mengurangi kecemasan dan gangguan terkait depresi.


  • Mengosumsi Junk Food


Junk Food,menurut banyak pihak jenis makanan ini adalah jenis makanan yang sangat berbahaya dan kurang begitu sehat apabila terlalu sering untuk dikonsumi.Tetapi,siapa sangka readers,ternyata ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa Junk Food merupakna salah satu hal yang bisa membuat atau membantu seseorang melewati masa-masa depresi.Para psikolog dari University of Buffalo menyatakan bahwa 
Mashed potato,makaroni,keju,daging cincang dan lainnya merupakan produk "berbahaya" yang benar-benar memberikan emosi positif dan membantu untuk melawan kesehatan limpa dan perasaan kesepian bagi seseorang.





credit by : Informasi kesehatan
                Gaya Hidup Sehat
                Artikel Kesehatan


No comments:

Post a Comment